Selasa, 18 Desember 2012

Brownies SMA :-) nice Memory


Bingung saya menamainya ini kue brownies apa yach .. karena memang sama sama cake brownies. hanya saja resepnya yg berbeda. saya dapat resep ini sewaktu di sma ada pelajaran pkk, nah pas praktek pelajaran pkk memasak  itulah salah satu kelompok lain buat brownies ini. klo ngak salah nama temen saya itu Ira. resep dr beliau masya Allah maniiiiiiiiiiiizzzz abizzzz sampe ke ubun ubun. dan gula pasirnya itu masih terasa kristal2nya bertaburan di dalamnya dan tidak menyatu dengan kuenya. tapi coklatnya juga terasa banget abizz. saya ngak ngerti apakah beliau salah buatnya atau bagaimana, hingga gulanya tidak menyatu pada saat di kocok, ataukah memang sengaja gula tsb sebagian tidak dikocok tapi di taburkan ke adonan pada saat detik2 terakhir. tapi namanya brownies yach tetep saja enak. saya tanyain ini bener nih resepnya ?!? beliau jawab sich iya memang bener. itu resep asli dr amerika katanya. masih masternya. ngak ngerti dech saya master apanya. maybe kedoyanan orang bule memang asli kayak itu. kue nya memang kering diatas tapi basah ditengah dan rasa manis serta coklatnya terasa pekatnya.jaman dulu memang brownies masih jaranglah dikeenal, hanya beberapa saja. dan tidak seabrek abrek seperti saat ini dengan berbagai macam brownies.

Lalu saya modif dech nih kue berulang ulang kali sehingga mendapatkan rasa yg pas di lidah saya. ada yg saya kurangi terutama di gula dan minyaknya. namanya juga jaman jadul. ngak pake tuch ukuran gram graman. semua bahan ukurannya gelas/ cangkir.

begitu saya jual di koperasi sma saya ( sekarang SMU, bukan SMA), beeeuh laku beeud. ini adalah salah satu kue andalan saya dulu waktu jualan di sma yg banyak orang2 borjunya. saking doyannya saya bikin kue di jaman SMA saya, papa saya tuch nyaranin saya tuk lulus sma udah jualan ajah ngak perlu lanjutin kuliah. wkwkwkwk ... tau ngak ?? papa saya sudah mmpersiapkan saya untuk bisnis, rumah sudah disediakan di daerah bogor, di pinggir jalan. saya dianjurkan untuk buka kursus bahasa inggris, kursus komputer dan sekalian buka toko kue di sana. tempatnya memang strategis.saat inipun masih strategis, dekat carefour dan institut administrasi apaaan tuuuh yach, lupa saya namanya. jika saat ini saya mengikuti anjuran papa mama sayapun, masih okelah tempatnya. kakak2 saya juga menganjurkan saya tuk buka usaha sendiri, mereka bilang usaha sendiri itu enak, ngak disuruh2 orang seperti pekerja kantoran. tapi akhirnya saya penasaran sama kerja kantoran seperti apa yach ?? disuruh2 bagaimana ?? bgitu saat itu pikiran saya hehehehe ......

saat saya lulus sma, pas banget deh tuh papa pensiun. tau ngak???? uang pensiunan papa 10 juta langsung dikasih saya. papa mama bilang terserah kamu itu uang mau di bagaimanakan, apakah untuk lanjut kuliah ataukah untuk modal usaha. lumayan 10 juta saat itu gede lohhh .. naek angkot ajah waktu itu masih Rp. 50. perak bo !! wkwkwkwkwk ... akhirnya saya pake dech buat kuliah S1. Ekonomi. jreng ..... jreng ... terheran heran dech kluarga saya, karena saya malah mau lanjutin kuliah. sampe tetangga sayapun .... inget tetangga saya! bukan apa apa kluarga sayapun bilang sangat disayangkan si dewi lanjutin kuliah, kalo lulus tidak dapat kerja di kantoran. bagaimana?? beeeeuh mereka ngak tau mukjizat Allah sich yg maha berkehendak. kalo saya mah yakin saja sama Allah bagaimana nanti dan bagaimana rejeki saya kedepan.akhirnya saya menemukan solusi jitu, jika ingin pas uang kuliah segitu maka saya harus cepat2 lulus supaya tidak besar biaya kuliah tahunannya. saya banyak2kin dech ambil sks nya. rata2 1 semester saya ambil diatas 25 sks. itupun kudu kucing2an sama PA saya untuk minta tanda tangan permohonan sks nya. tapi rata rata nilai saya A dan B yach no problem bagi saya. saat saya semester 4, saya sudah bisa ambil kuliah anak semester 6. ckckckc .. temen2 saya semua kaka kelas. wkwkwkwk.... treus tuch uang kuliah ada sisanya pula, lumayan ckckckckc .... heheheh ... akhirnya lulus dech saya 4 tahun untuk S1. sampe dosen2 saya nanya, kamu mau kemana sich, kuliah koq cepet2 amat,// mau nikah ya // iya pak mau nikah nih dah kebelet wkwkwkw // angkatan kamu yg lulus baru kamu dan teman kamu loh // hehehe ..... , kalo temen saya sempet dapat kumlod, saya cukup ip 3.8 sajalah wkwkwkwk .... 

akhirnya saya kerja juga di pt. bimasakti usindo persada (BUP) 4 tahun.    kemudian saya di tarik ke pt CMUP ... 10 tahun sampai thn 2011. ngak nyangka kan aku dapat kerja di kantoran hehehe ..

maaf yach papa mama ... aku tidak mengikuti kehendakmu untuk terjun ke dunia bisnis sendiri. maaf, maaf, maaf ...

mau tau ngak resep kue brownies nya   :-D

Bahan :
telur 6 butir
terigu 1 1/2 cangkir
coklat bubuk 1 1/2 cangkir
gula pasir 2 1/2 cangkir
minyak  1  3/4 cangkir
garam 1 sdt
vanila 1 sdt
coklat dark cooking di lelehkan 250 g ( satu batangan )
kacang tanah sangrai 1 cangkir


Cara Buatnya :
1. kocok gula dan telur hingga mengembang
2. campurkan terigu dan coklat bubuk hingga tercampur rata, lalu masukkan ke adonan 1 perlahan lahan
3. campurkan coklat cair ke dalam minyak hingga rata, kemudian campurkan ke adonan kue
4. masukkan kacang tanah sangrai dan kacang kenari yg di hancurkan kasar.
5. panggang di oven hingga matang.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar