Sabtu, 01 Desember 2012

Tart Keju


Tart Keju .... hmmmmm kue ini banyak sekali kenangannya .. terutama ketika SMA dahulu. waktu itu kebetulan saya menjabat sebagai bendahara koperasi intera sekolah, biasalah saya akan selalu pegang uang masuk dan buat laporan keluar masuk keuangan koperasi tsb sehari harinya. dr hasil analisis ternyata yah tuh uang masuknya adalah berasal dr penjualan makanan dan minuman .. bukan dr penjualan alat2 tulis maupun kertas ulangan yg biasa di pakai sehari hari. maka timbullah otak bisnis saya untuk mencoba memasukkan kue tart ini ke koperasi sekolah. pertama sich saya masukkan satu loyang dahulu, ukuran loyangnya itu 40x40x5 klo ngak salah. pokoknya besarlah loyangnya. dan saya potong menjadi 36 atau 42 potong. tergantung berkembangnya kue, krn semakin besar telurnya biasanya kue akan semakin besar pula mengembangnya. lalu besoknya saya bawakan kue pai ... eeeeeh ternyata abis juga ... lalu saya mencari ide lagi dan minggu depannya saya bawa deh kue tart, kue pay dan kue brownies ... jreng jreng .. di luar dugaan saya semua habis juga loh ... bayangkan sehari laku kue tart + brownie + pay buah rata rata saya bawa 30-40 buah per itemnya. dan semua selalu habis setiap harinya .. Alhamdulillah banget saya punya hobby makan dan bikin kue waktu itu. yaaah cuma tiga item itu yg saya sanggup buat sehari hari selepas pulang sekolah.. di bilang cape sih yah cape, tapi semua terkalahkan dengan kesenangan hobby saya dan nikmatnya dapat uang sendiri .. senang dech bisa menghasilkan uang saat itu. tekadang saya suka menolak uang yg papa kasih untuk uang bayar sekolah dan uang kursus bahasa inggris saya di LIA grogol.. hehehe papa saya kadang suka tersenyum saja kalo saya tolak uangnya, dan beliau hanya bilang yakin nih ngak mau terima uang papa ?? iya pah, dewi dah punya duit buat bayar sekolah, kemaren sih udah dewi bayarin pake duit hasil jualan kue hehehe ....banggaloh  .... mama dan papa juga sering menasehati agar tidak terlalu memforsil diri untuk dagang kue di sekolah, dan semuanya aku jawab dengan nilai2 bagus selama di sma, dimana di ijasah saya ada nilai 9 tuk bahasa jerman dan pmp ... kerenkan dan lainnya rata2 angka 8 loh. berkat uang jualan kue, saya bisa beli kambing qurban pertama saya yg waktu itu harganya masih Rp. 300.000 .. klo sekarang harga kambing dah Rp. 3.000.000. bayangkan berarti dahulu omzetku jika di konversikan dengan uang sekarang berjuta jutalah keuntungannya. bisa beli cincin emas, gelang, kalung dan liontinnya dan saya ngak pernah nabung di bank dr jaman dahulu meski saya punya uang, saya lebih suka simpan dalam bentuk emas krn bisa di pake pake hehehehe .... Alhamdulillah atas karuniamu ya Allah krn telah memberikan aku hobby bikin kue ... Thanks god .. thanks temean2 almamamter yg suka dengan kue saya, thanks guru2 yg juga kadang pesan kue dr saya, krn tidak hanya teman saya saja yg suka pesan kue ultah saat itu..

untuk kuenya sendiri kadang adonannya saya campur dengan coklat dan otomatis hiasan diatasnya juga adalah parutan coklat dengan cheri tau lelehan coklat dengan parutan coklat, atau lelehan coklat dengan taburan kacang tanah yg sudah di sangrai dan di cincang  kasar dengan foodprocessor. dan lain sebagainya sesuai selera saya. krn saya perhatikan banyak pembelinya yg suka sekali dengan coklat. sedangkan kue brownies saya selalu laku meski tanpa variasi. tapi hampir tidak pernah jualan saya tidak lau .. selalu laku terus .. hingga saya harus pintar2 memanagement waktu saya untuk belajar dan membuat kue serta belanja bahan2 kue.semua itu saya kerjakan sendiri, krn saya tidak mau merepotkan kakaka, adik maupun orang tua saya, paling saya hanya menyusahkan pembantu saya yg harus membersihkan loyang2 saya dan peralatan untuk buat kue hehehehe .... maap ya mba maap maap maaap .... tapi kan saya persen si mbaknya sbg uang lelah  hehehe ....nih bahan dan cara bikin kue hokky saya ktika di SMA

Bahannya :
9 kuning telur dan 7 putih telur
150 gr gula pasir
175 gr terigu
2 sdm susu bubuk
150 gr mentega di cairkan
1 sdm air
1 sdm TBM

Cara Buat
1. Telur + gula di kocok hingga mengembang
2. setelah telur naik masukkan tbm dan tepungnya dan terus dikocok sampai kental lalu masukkan susunya
3. masih terus diaduk, masukan airnya dan terakhir masukkan mentega cair. aduk rata
4. lalu bakar di loyang persegi hingga matang, angkat dan atasnya di olesi cream dan parutan keju.

Terimakasih kepada Almarhumah Ibu Sumarsono yg sudah wafat kemarin hari sabtu tgl 1 Desember 2012 yg sudah memberikan kursus thn 1984 membuat kue ini serta kue lainnya. special kue ini bermanfaat bagi saya ketika SMA menjadi kue hokky berkat karunia Allah SWT .. semoga ibu diterima disisinya dan beristirahat dengan tenang dan damai. amiiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar