Sabtu, 01 Desember 2012

Pecak Leunca


Di belakang rumah tumbuh pohon leunca liar, kebetulan nih sudah banyak yg besar dan matang .. di panen dech.. lumayan nih dapat 2 mangkok. bisa buat di pecak leunca dech sama tumis oncom kemangi di hari minggu ini hehehe ... lumayan dah lama ngak pernah makan pecak ini lagi. dimanapun susah dech menemukan menu satu ini. saya sendiri tidaak tau menu ini asalnya dari mana, apakah menu asli jawa barat ?  kata mama sich beliau tau bikin leunca ini tau sewaktu masih gadis, ada tetangganya yg pernah bikin, dan dicobain katanya lumayan seger enak karena rasa kencurnya terasa... eeeh sampe mama punya anak besarpun suka bikin ini kadang2..yg saya suka dr pecak ini adalah rasa kencurnya yg menonjol dan unik rasanya. enak di makan dadakan dengan nasi hangat ...  :-D. mama saya dulu sering bikin ini. tapi ngak sering banget sich, paling dalam empat bulan sekali pernah bikin ini sekali. biasanya bikinnya pas hari sabtu atau minggu, karena anak2nya rata2 yg cowok suka dengan menu ini. jangan heran di keluarga saya tuh, lalapan sebaskompun bisa habis jika disajikan dengan sambel buatan mama. kadang kita juga suka merengek minta di bikinin leunca ini karena kangen rasanya.
kadang pecak ini isinya bukan hanya leunca saja, bisa juga di buat dr kacang panjang ditambah terong bulat. hmmmm yumi dech ... hehehehe ... dasar urang sunda mah suka dech sama jenis2 makanan ini. dan beruntunglah saya jadi urang sunda yg doyan makanan kampung khas sunda ini.

Bahannya :
5 siung bawang merah
5 siung bawang putih
5 cabe merah dan cabe rawit
5 ruas kencur
garam 1/2 sdm

Cara buatnya :
semua bahan di tumbuk kasar saja, setelah itu masukkan leuncanya dan di tumbuk asal sing penting lencanya pecah saja. lalu aduk aduk dech biar bumbunya  merata dan meresap. di makan mendadak lebih nikmat dengan nasi hangat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar