Senin, 10 Desember 2012

Handy Craft : dompet tas bgks shacet


Pada saat Naura Ulang Tahun, yg kebetulan acaranya di rumah eyang, otomatis datanglah nenek dan opungnya serta kelg Naura dr pihak ibu... pada saat itu kebetulan saya memang membuat kue sendiri terutama kue kue basah. nah pada saat natulang cobain itu kue saya, beliau mengajak saya untuk bisnis kue basah traditional. kebetulan teman beliau ingin buka toko kue khusus traditional dan saya di minta tuk mengisi di toko beliau.

tapi setelah saya pikir pikir, saya bilang kalau traditional itu berat yach dan harus benar2 konsentrasi.entah mengapa saya merasa sudah cukup tua untuk sibuk kesana kemari untuk berbisnis dan tidak bisa main main harus fokus dan konsentrasi krn bermitra dengan orang lain. beda jika berbisnis sendiri, bisa kapan saja saya suka dan mau.usia membuat saya tidak terllau tertarik dengan materi dunia lagi. krn saya sudah lebih dr cukuplah uang pesangon saya selama bekerja di cmup. saya sekarang hanya fokus tuk ibadah dan beramal sebisa saya. itulah sebabnya saya menolak untuk diajak berbisnis berkali kali.entah dr baso sehat, hingga rumah makan atau warung nasi lah.

akhirnya natulang menawarkan saya, mau tidak belajar buat tas dan dompet. tapi ini beda loh dengan tas lainnya krn di buat dr lmbah yg ada sehari2 dirumah kita. setelah saya pikir2, sepertinya asik juga nih, krn saya tidak pernah membuat tas dan dompet selama hidup saya. kalau kristik, menyulam, buat celemek dan taplak meja saya sudah terbiasa. tapi tas ?? woow .... akhirnya sata terima ajakan untuk belajar membuat tas.




awalnya sich ya iseng iseng dan saya mengumpulkan bngks kp sejak tahun lalu (2011), dimana teman2 kantor saya di Bimaselindo kebetulan rata2 lelaki dan maniak kopi. saya mulai kumpulin dech bungkusnya sejak tahun 2011 silam .. dan memang tidak terasa, dibuat di saat waktu luang saja, misalnya sambil nonton tv, tangan mlnting2 dan menganyam bungkus kopi tsb. tapi akhirnya lama2 banyak hasilnya hehehe ... dan itu didapat tidak dalam waktu singkat.

ada dari temennya natulang yg sudah sampai di export loh, khusus untuk tas nya. waah amazing ! sama ajah kita membantu mengexport limbah plastik dengan bentuk kreasi menarik. dan beliau memang menjadikan hal ini sebuah bisnis. wow .. bener2 sampe ngak kebayang sebelumnya. suatu saat natulang mau ngajak saya untuk belajar seluk beluk bisnis ini ke teman beliau tsb. wah boleh juga nih buat tambah ilmu. ckckckck ... yach sekalian juga buat amal diselasela waktu senggang kita kita juga bisa menyebarkan ilmu kita dan membantu para keluarga pemulung untuk lebih kreatif dan bahkan siapapun, dr keluarga manapun sehingga menghasilkan limbah yg bermanfaat yg bisa menambah penghasilan mereka nantinya. dan di mulailah dr diri kita sendiri dengan limbah dr hasil rumah kita sendiri. beruntung bila kita bisa menghasilkan lebih seperti ibu kencana teman natulang tsb yg bisa memperkerjakan orang untuk membangun bisnis ini. subhanallah. keren !



mau tau nggak caranya membuat ??? gampang loh ...  pokoknya pertama tama siapkan bngks kp atau bgks apapun juga bisa seperti opo ice, energen, milo dst. untuk buat dompet di butuhkan 75-80 bgks kpi, sedangkan untuk tas di perlukan 400-500 bungkus. langkah2nya lihat gambar berikut ini :
1. kumpulkan bgks kpi tsb
2. potong sesuai dengan motif yg kita inginkan. pada contoh saya ambil motif  gambar hitam pada gelas
3. lipat potongan tsb pada sisi atas dan bawahnya, sehingga posisi hitamnya ada di tengah
4. kumpulkan semua hasil lipatan tsb hingga mencukupi untuk dianyam seperti pada bentuk no.4
5. buatlah dengan beberapa anyaman dan panjangnya hasil dompet/tas sesuai dengan keinginan kita
6. adalah bentuk hasil akhir anyaman yg sudah di jadikan satu hingga membentuk tikar dengan menjahit sisi2nya

Cara membuat anyamannya :
perhatikan gambar berikut ini :


1. ambil bgks yg sudah di lipat2 yg siap untuk dijadikan anyaman. pada contoh, lipatan tsb di lipat dua kembali kebelakang dengan posisi lipatan yg jeleknya menghadap ke depan. di lipat pada huruf antara P dan E ( lihat gambar 1 )
2. ambil satu lipatan lainnya. dan letakkan ( Vertikal ) yg gambar motif tsb di posisi paling ujung kiri.lalu di tarik ke belakang sisi bawah dan atasnya, dan di selipkan sisi atas dan bawah tsb diantara lipatan tengah yg posisinya Harizontal.( gambar 2 - 6 )

Penjelasan gambar : gambar 2 ditempelkan posisi tepatnya., gambar 3, sisi atas di tekuk ke bawah dan di selipkan ke tengah biar terjepit. gambar 4, posisi bawah di tarik ke atas dan gambar 5 kemdian di selipkan kembali ke bagian tengah. hingga hasilnya seperti gambar no. 6

3. kemudian ambil kembali lipatan yg ke tiga dan letakan posisinya di samping kanan. dengan posisi lipatan pada huruf P dan E kembali di hadapan kita. semua lipatan ygke tiga ini di tarik kebawah ( gambar 7 )

4. lalu sisa lipan yg vertikal yg paling atas di tarik ke kedapan dan di selipkan pada lipan yg ke 3 tadi. demikian juga dengan lipana sisa vertikal yg belakang di tarik ke belakang dan di selipkan pula. ( gambar 8 ). hingga hasil akhirnya seperti pada ( gambar 9 ). maka sudah selesai pada sisi pertama dua baris. hasil yg kita inginkan adalah seperti ( gambar 10 ) berbentuk zigzag.

5. maka di lanjutkan dengan ambil lipatan yg ke -4. letakan posisinya di tepat di jempol pada gambar 9. dengan posisi harozontal ke kanan dan ujung masih di antara huruf P dan E.( lihat gambar 1 posisinya seperti itu, tapi diletakan di bawah jempol seperti pada gambar 9. dan lakukan hal yg sama seperti gambar no. 8

6. setelah selesai hal yg sama seperti gambar no. 8, maka ambil lipatan baru yg ke-5. lakukan posisi lipatan seperti pada gambar no 7. lakukan hal yg sama .. hingga terbentuk barik ke 2. selanjutnya lakukan terus seperti gambar 1 dan 7, 1 dan 7 1 dan 7 dst ...

selamat mencoba  : -p

6 komentar:

  1. ada tutorial yg bentuk video mbak?

    BalasHapus
  2. betul, yg video ada gak sista?

    BalasHapus
  3. kak buatin yang tutorial Video-nya donk, susah kalo dari gambar sama tulisan bingunga, buatin videonya ya kak.

    BalasHapus
  4. Mba, cara jahit resletingnya gimana ya??? Aku coba pake lem tembak, kurang bagus

    BalasHapus
  5. Wahh keren dan sangat kreatif sekali
    Kunjungi juga www.smartkiosku.com atau www.serbamultimedia.com

    BalasHapus