Rabu, 26 Desember 2012

Kastengel



Mama dan saya itu sama sama punya hobby masak. kalau mama senang masaknya dr berbagai segi lini memasak. dalam arti pokoknya apa saja yg berhub dengan memasak mama suka banget. beda dengan saya yg hanya condong senang memasak kue saja. kalau memasak sayur dan lainnya saya tergantung mood ajah.

sejak saya masih kecil, mama suka terima caterring. entah itu dr sodara, teman2 mama atau di kantornya kakak saya. apalagi kalau bulan puasa, biasanya mama banyak banget pesenan kue keringnya. biasanya saya suka bantu mama bikin kue kering di bulan puasa itu di mulai dari habis saur, kita sudah persiapkan semua loyang2nya. setelah jeda sholat subuh kita lanjutkan membuat kuenya hingga hampir magrib biasanya baru kelar. dan setelah sholat taraweh baru deh di masukin ke toples toples. begitulah seterusnya sampai dua mingguan di bulan puasa. kalau orderan banyak biasanya di buat sebelum puasa.

tapi setelah anak2 mama semua sudah kerja dan lulus kuliah semua anak2nya yg 7 orang, barulah kita melarang mama untuk terima order kue lagi. karena kasian mama. sebetulnya mama enggan untuk pensiun bikin kue..yach namanya hobby khan susah untuk di lepas begitu saja,  tapi akhirnya mau juga walau dengan terpaksa untuk tidak terima order kue lagi. lagi pula orang yg senang bantuin mama bikin kuenya juga dah kerja ( saya sejak kerja kantoran boro2 bisa pegang loyang lagi, bawaannya capeeee mulu ), jadi ngak bisa bantu mama buat kuenya ..  karena kami semua sayang mama.. kami tidak mau mamah terlalu cape di masa tuanya. cukuplah menikmati hidup ini saja sambil terus beribadah untuk bekal di akhirat nanti.

hampir belasan tahun mama sudah tidak pegang lagi orderan kue kering. otomatis hampir belasan tahun mama sudah tidak pernah buat kue kering lagi. kadang kangen sama kue buatan mama. akhirnya saya coba coba membuka lembaran2 resep kue mama untuk mengenang kue buatan mama yg tiada duanya dimanapun juga .  love you mama .. always and forever ...

ini nih yg biasanya bahannya yg mama pakai



Bahan :
300 gr mentega roon butter / wisjman
2 butir kuning telur
1 butir putih telur
200 gr keju parut cheddar / addam
100 gr mede cincang
50 gr susu bubuk
250 gr tepung terigu protein sedang di sangrai terlebih dahulu

Bahan Olesan : 2 kuning telur
Bahan Taburan : 100 gr keju cheddar di parut memanjang

Cara Membuat :
1. kocok mentega 1 menit asal lembut saja, tambahkan kuning telur. kocok rata
2. masukkan susu bubuk dan keju parut. aduk rata dan kemudian masukkan kacang mede cincang.
3. masukkan tepung terigu sambil diayak dan diaduk rata
4. pulung panjang. potong2 4 cm. letakkan di loyang yg sudah di olesi dengan mentega
5. olesi atasnya dengan kuning telur dan di hiasi dengan parutan keju
6. Oven selama 45 menit dengan suhu 130 derajat celsius sampai matang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar