Minggu, 13 Oktober 2013

Kue Balapis Tepung Terigu

Balapis


                                                              sumber dari primarasa A la resto Manado

bahan:
10 lembar daun pandan, iris-iris (vierly: ganti essens pandan)
20 lembar daun suji, iris-iris
75 ml air
500 g tepung terigu
400 g gula pasir
1/2 sdt garam
1800 ml santan, dari 2 butir kelapa (vierly: pakai 1 kotak santan kara+air)
50 g cokelat bubuk
minyak untuk olesan

cara membuat:
  1. Masukkan daun pandan, daun suji, dan air ke blender, proses hingga halus. Peras, saring, ambil cairan sebanyak 100 ml, sisihkan. Campur tepung terigu, gula, dan garam dalam mangkuk besar, aduk rata. Tuangi 1700ml santan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk sampai adonan licin dan tidak mengumpal. Larutkan coklat bubuk dengan sisa santan, aduk hingga rata.
  2. Bagi adonan menjadi dua bagian. Tuangi air daun pandan suji ke dalam satu bajian adonan, dan tuang larutan cokelat ke dalam adonan yang lain, aduk hingga rata.
  3. Didihkan air dalam dandang, siapkan loyang ukuran 16x16x7 cm, alasi dasarnya dengan plastik, olesi dengan minyak goreng. Masukkan loyang ke dalam dandang. Tuang 150 ml adonan berwarna hijau ke dalam loyang, ratakan. Kukus hingga mengeras (5 menit).
  4. Tuang 150ml adonan berwarna coklat di atasnya, ratakan. Kukus kembali sehingga mengeras. Lakukan proses pelapisan hingga adonan habis.
  5. Kukus terus hingga seluruh bahan matang (30 menit), angkat. Biarkan hingga dingin. keluarkan kue dari loyang, potong-potong, hidangkan.

*Tips: potong kue lapis dengan pisau plastik atau pisau yang dibungkus dengan plastik atau daun pisang, supaya kue tidak melengket pada pisau.
 http://icacc.blogspot.com/2011/04/gemss-international-day.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar