Sabtu, 28 September 2013

Nasi Bryani


Terkadang kangen kepengen makan nasi byani, apalagi kalo lagi mengenang masa umroh dulu, dimana hanya dalam sekali perjalanan saja semalam yg berkisar 10 jam dengan pesawat emirat, masya Allah ... itu sekali perjalanan di kasih makan sampe 3x. nasi itu lagi nasi itu lagi masya Allah. ngak ada pilihan lain.. kalau berdasarkan cerita teman yg naik pesawat etihad, menunya adalah kebab lagi kebab lagi hahahaha ..... tapi bagaimanapun juga perjalanan tsb sangat lah menimbulkan rasa kangen tersendiri.
kalau sudah kangen, mau ngak mau memang harus bisa masak sendiri, agar bisa di sesuaikan rasanya dengan lidah kita sendiri meski memang rasa rempah2nya sangatlah dominan.

kebetulan sewaktu ke jabal tsur, di sepanjang jalan banyak penjual rempah2 seperti kapulaga, jinten, habatussauda dan bumbu atau di sebut juga dengan garam basmala yg masih dalam bentuk biiji bijian dan belum di haluskan.
 wah tanpa buang kesempatan aku beli deh seplastik bumbu masala tsb, kalau nggak salah 30 real se bungkusnya. dengan bahasa tarjan dan bahasa tubuh, aku mencoba mohon penjelasannya bagaimana cara memasak nasi bryani dengan bumbu tsb. akhirnya berhasil juga aku memahami maksudnya dengan bahasa tubuh dalam berkomunikasinnya hehehe ....

berikut adlah cara membuat nasi bryani

Bahan :

400 gr daging kambing
600 gr beras basmati
500 ml air
1 sdk garam
200 ml susu cair atau santan ( kalau saya lebih prefer ke santan krn gurihnya )
8 sdm minyak samin atau bisa juga zaitun
600 ml bumbu kaldu.

segengggam bumbu garam masala atau bisa juga di rincikan sbb di haluskan :
1 cm biji pala
4 cm kayu manis
5 bulir cengkeh
2 butir  kapulaga
2 batang sereh memarkan
1 1/2 sdm ketumbar
1/2 sdm merica
1 sdm jinten
1/2 sdm adas
2 cm jahe
2 cm kunyit
2 buah tomat
8 siung bawang merah
4 siung bawang putih

untuk taburannya :
100 gr kacang mede
100 gr kismis atau sultana
3 sdm bawang goreng
3 sdm kacang polong

Cara membuat :

1. didihkan air, potong2 daging ukuran 3x5  cm, sisihkan.
2. kukus beras hingga setengah matang ( didihkan air, garam dan susu masukkan beras basmati dan 3 sdm minyak samin, masak diatas api kecil, aduk hingga kasat lalu angkat.
3. panaskan sisa minyak samin, tumis bumbu halus hingga harum. lalu masaklah daging dan bumbu kering. yg sudah di haluskan dan di tumis.tuangi kaldunya. masak sampai air mengering dan bumbu empuk. angkat.
4. campurkan dahing ke dalam adonan beras, asduk dan kukus hingga seluruh bahan masak. kurlep 40 menitlah dan angkat.
5. setelah nasi matang, maka angkatlah dan di hidangkan dengan taburannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar