Jumat, 16 Agustus 2013

ULI KETAN

 yang ini baru namanya uli goreng.  biasanya kalo udah bosen makan uli yg masih freshnya, maka kita suka menggorengnya dengan telur atapun tanpa telur.  bisa juga sich uli itu di panggang. atau di goreng tanpa minyakpun bisa. atau mau goreng dengan minyakpun boleh sehingga menghasilkan pinggiran yg keras. dan dimakan krenyes krenyes garing ......  sesuai selera. ...







Uli ketan biasanya di buat mamah dengan bungkus dari daun pisang muda yg sudah di olesi dengan minyak kelapa. gunanya memang supaya tetap empuk dan tidak bulukan. biasanya kalo di bungkus daun pisang bisa kuat seminggu lah. dan selebihnya biasanya  kita taro di kulkas dan tinggal di goreng atau di panggang ulinya. karena kalo sudah lama ulinya sudah tidak fresh lagi dan rasanya ada bau bau gituh atau berjamur, jadi sebelum berjamur langsung masuk kulkas. dan kluar dr kulkas udah keras kayak batu, jadi mau gak mau kudu di goreng atau di bakar.  pernah sekali mama buat uli tidak di bungkus daun pisang. hmmm tau tau hasilnya tidak sampai 2 hari, ulinya jadi bau dan basi sepertinya. krn uli itu mengandung kelapa yg mudah basi kali yach kalo di sembarangan. yah itu pengalaman dahulu kalo liat mama buat uli ketan.

sebenarnya ngak ada resepnya bikin uli ketan ini. cuman ini hasil dari apa yg saya liat ajah akan saya tulis disini. jadi suatu saat jika ada ponakan2 mau makanan buatan neneknya dahulu yg di buat dengan tangannya sendiri, mereka masih bisa lihat dan buat sendiri. tul ngak ????

Bahan :
3 kg  beras ketan putih yg bagus. biasanya saya suka denger mama bilang ketan import ..
6 butir kelapa yg setengah tua ( jangan tua !) di parut.
garam secukupnya.

Cara membuatnya :
1. cuci ketan, tiriskan, aronan, kukus sampai masak, diakel
2. begitu keluar dari panci langsung di campur kelapa parut, garam di galey sampai merata.
3. kemudian di masukan ke dalam lempang dan ditumbuk hingga halus.
4. jika sudah haluis, diambil sedikit sesuai panjangnya daun pisang yg sdh diolesi minyak. dibungkus rapat.
5. simppan deh di tempat yg higenis. atau box besar biasanya mama siman disana. di tutup deh.

note :
numbuk beras ketan di lempang itu berat loh .. biasanya kakak adik saya yg laki2 kebagian yg numbuk ini
kalo numbuk udah keringetan kayak abis main bola atau kelililing lapangan 100x hahahaha .... berat !!!

tapi saya pernah ke lebak pelabuhan ratus ditempatnya kakek teman saya, saya mendapat info kalau ada batang tumbuhan yg bisa menundukan beras. jadi, rahasianya kalo orang jaman dahulu numbuk ketan berton ton pun tidak akan merasa cape, karena di tumbuk dengan batang pohon tsb yg di ikat beberapa batang menjadi satu kemudian di pakai untuk alu lempang tsb. dan memang mudah. tanpa mengeluarkan tenaga sedikitpun saya bisa menumbuk beras ketan .... hebat !!!! hebat !!!  sayang saya lupa nama tumbuhan tsb.
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar