Jumat, 16 Agustus 2013

TAPE KETAN HITAM


tape ketan item ini selalu hadir di tengah tengah lebaran. pokoknya menu yg satu ini pasti ngangenin kalo ngak ada di rumah. biasanya yg bikin sodara di bogor dan ikut nitip kalo mereka buat. tapi waktu almarhum papa masih ada, mama ngak pernah absen buatin ini. karena ini salah satu kedoyanan papa di samping manisan pepaya dan manisan kolang kaling. makan tape ini ngak sendirian dimakan begitu ajah, tapi juga ada sodara kembar gentetnya yg harus di buat, yaitu uli ketannya. baru deh namanya tape uli ketan.

Bahan :
2 kg beras ketan merah
1 kg beras ketan putih
10 ragi bulat2 putih   (yg bagus, kalo tidak bagus hasil tapenya bisa asem, mama biasanya punya langganan sendiri, raginya masih baru di buat bukan ragi yg udah lama. biasanya di tukang kembang atau jamu2an)

Cara membuat :

1. campur beras merata. hal ini dilakukan supaya warnanya tidak terlalu hitam pekat tapenya saat sudah jadi
2. cuci beras dan tiriskan. setelah itu beras tsb di aronin. baru kemudian di masak hingga matangnya pas.
3. dinginkan dan aduk aduk sampai uapnya keluar atau orang sunda bilang di akel nasinya sampe adem.

4. kalo udah dingin, kemudian di taburi dengan ragi tsb hingga merata. jangan sampai ada yg keselip. atau ngak sampe kena ragi. supaya masaknya rata.

5. lalu simpan di toples besar yg tutupnya rapat. dimana di bawah toples itu sudah di kasih tatakan daun pisang dahulu. ( biasanya mama pake toples dari kaca dan sangat besar, khusus buat tapi ini.). samping kiri kanan atau sekelilingnya sudah di kasih daun pisang juga. demikian juga atasnya ditutup daun pisang dahulu baru di tutup rapat toplesnya.

6. jangan lupa buat sampelnya sekitar dua sendok dan di tutup daun pisang ( di bungkus kayak bungkus botok ) gunanya untuk melihat apakah tape sudah matang atau belum, krn tutup toples tidak boleh di buka sampai mateng nya bener2 mateng dan manis rasanya. jadi semua tergantung raginya. kalo raginya bagus paling beberapa hari sudah matang. skitar semingguan. rasanya manisnya keluar. jika terlalu lama, maka akan terasa sangat panas sekali seperti ada birnya di dalam tape tsb.

7. jika sudah matang, maka bisa di pindahkan di toples rapat dan di taro di kulkas. kuat sampai sebulan mah asal jangan di colak colek pakai tangan, krn bisa basi dan bau. biasanya mamah di buat jadi beberapa toples kecil, jadi kalo mau diambil yach satu toples satu toples kecil ngeluarinnya. dimakan dengan uli ketan. yummi.

note : kata orang jaman dahulu, kalo lagi buat tapi ini jangan marah2 atau lagi ngambek ataupun kesel krn hasilnya bisa asem dan tidak manis. makanya bikin senyum senyum aja, biar manis gula ketannya keluar hahahahaha ....... meuni aya aya wae ceunah.maneh teh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar